Doa-Amalan-Wirid

Jumat, 20 Januari 2017

Bacaan Sholawat Syifa’ Tibbil Qulub Dan Khasiatnya

Advertisement

Salah satu sholawat yang populer di kalangan umat islam adalah Shalawat Tibbil Qulub atau juga disebut sebagai shalawat  Syifa’. Disebut sebagai sholawat  Syifa’ karena sholawat ini memang diyakini mempunyai khasiat untuk penyembuhan berbagai penyakit. Ada beberapa cerita tentang sholawat  Tibbil Qulub ini, diantaranya apa yang pernah disampaikan oleh ust Yusuf Mansur.

Sebagai bentuk kecintaan kepada Rasulullah SAW, memang banyak sholawat yang disusun oleh para ulama. Diantaranya adalah Sholawat Nuridzati, Sholawat Nuril Anwar, Shalawat Fatih dan tentu saja sholawat Nariyah.

Bagaimana teks bacaan sholawat Tibbil Qulub?
Inilah teks bacaannya dan juga terjemahnya.



Artinya:

Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan atas baginda kami Nabi Muhammad yang merupakan obat dan penyembuhan hati kami, penyehat dan penyelamat badan, yang merupakan cahaya dan sinar penglihatan dan yang merupakan penjamin kesehatan jasmani dan rohani akan kebutuhan makanan dan juga tumpahkan kesejahteraan itu atas keluarga dan sahabat-sahabatnya dan berilah keselamatan “

Khasiat dan Fadhilah Sholawat  Tibbil Qulub:

Agar kita benar-benar dapat memperoleh kesehatan jasmani dan rohani.
Untuk menyembuhkan penyakit perut, sholawat ini dibaca 7 x, tiap-tiap satu kali ditiupkan pada satu gelas air kemudian diminum. Atau sholawat ini dibaca 7 x tiap kali membaca ditiupkan pada telapak tangan kemudian diusapkan pada perut yang sakit, Insya Allah akan segera sembuh dengan ijin Allah. Untuk hati yang sempit was-was dan bingung alias sumpek bacalah sholawat ini sebanyak-banyaknya, agar kita dijauhkan dari berbagai penyakit bacalah sholawat ini sebagai wirid setelah shalat maktubah (shalat fardlu) Insya Allah akan terhindar dari segala macam penyakit.

Salah satu khasiat Sholawat Tibbil Qulub juga pernah diceritakan oleh Ust Yusuf Mansur. Tak seperti biasanya, Ust Yusuf Mansur yang datang untuk mengisi pengajian atau memberikan ceramah agama, kali ini (07/01/14) beliau mampir di Pesantren Zainul Hasan Genggong dalam rangka menjadi imam Sholat Magrib di masjid Al-Barokah Pesantren Zainul Hasan. Beliau datang sekitar pukul 17.25. Selanjutnya solat Magrib  dilaksanakan pada pukul 17.30.

Selesai sholat dan membaca shalawat Tibbil-Qulub beliau memberikan sambutan. Beliau menceritakan bahwa seorang santri harus merasakan keajaiban pesantren. Seorang santri tidak boleh merasa minder atau putus asa ketika suatu saat ia kehabisan bekal.

"Suatu saat santri-santri kehabisan bekal, pegang itu wadah nasi. Bacakan sholawat bersama-sama. Saya jamin tetap kosong." ucapnya diikuti oleh tawa meriah semua santri dan warga sekitar yang ikut melaksanakan jama'ah Magrib di Masjid Al-Barokah.

"Tapi jangan dilihat wadah nya, lihatlah apa yang akan terjadi. Setelah selesai membaca sholawat datang seseorang menawarkan nasi, itulah barokah shalawat yang akal tidak akan pernah sampai untuk merumuskannya,"  lanjutnya.

Beliau juga menceritakan bahwa suatu ketika ada seorang santri di PP. Darul Qur'an, yang ia asuh, mendapatkan musibah tertimpa pintu lemari sehingga menyebabkan batang tengkorak kepalanya putus.  Setelah dibawa ke rumah sakit, dokter mengatakan bahwa akan dilaksanakan operasi penyelamatan. Operasi tersebut dalam rangka menyelamatkan jiwa santri dengan konsekuensi kebutaan dan kelumpuhan seumur hidup.

Setelah mengetahui vonis yang diputuskan oleh dokter, seluruh santri bersama-sama menghatamkan Al-Qur'an dan membaca shalawat Tibbil-Qulub.  Beberapa jam kemudian, santri tersebut, yang telah koma kurang lebih sehari, bisa mengikuti bacaan shalawat. Setelah membaca shalawat ia koma lagi.

Dokter yang memperkirakan ia akan lumpuh selamanya pun terkagum-kagum dengan perkembangan tersebut. Setelah beberapa hari, batang tengkorak kepala tersebut bisa diganti dengan batang tengkorak dari plastik. "Alhamdulillah, sekarang santri tersebut sudah sembuh, bisa berjalan dan menjalankan aktivitas seperti biasa.  Jauh dari yang diperkirakan oleh dokter, Ini adalah khasiat atau mu'jizat shalawat Tibbil Qulub ." pungkasnya.


Demikian sedikit share tentang shalawat Tibbil Qulub mulai teks bacaannya , terjemah dan juga khasiatnya. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bacaan Sholawat Syifa’ Tibbil Qulub Dan Khasiatnya

0 komentar:

Posting Komentar