Doa-Amalan-Wirid

Selasa, 22 Maret 2016

Kehebatan dan Khasiat Surat Al-Ikhlas

Advertisement

Fadhilah dan keistimewaan surat al-Ikhlas. Salah satu surat yang paling populer di kalangan kaum muslimin adalah surat al-ikhlas. Surat yang pendek, mudah dihafal, dan punya banyak keistimewaan. Dalam sholat seringkali surat ini menjadi pilihan. Bukankah begitu juga dengan anda? Tidak ada jeleknya, karena jaman sahabat dulu juga ada yang melakukannya dan Nabi justru memujinya.
Surat al-Ikhlas tergolong surat yang pendek hanya terdiri dari empat ayat sehingga banyak yang menghafalnya. Beberapa keutamaan dan khasiat surat al-ikhlas antara lain :

kehebatan, khasiat dan fadhilah surat al-ikhlas


1. Barang siapa membaca satu kali surat al-ikhlas maka ia memperoleh ganjaran sebagai orang yang beriman terhadap Allah, malaikat, kitab-kitab, dan beriman kepada para nabi dan Rasul. Selain itu ia akan mendapat ganjaran seperti ganjarannya seratus orang mati syahid.

2. Orang yang membaca surat al-ikhlas satu kali sama ganjarannya dengan memperoleh ganjaran membaca sepertiga al-Quran. Jadi jika membaca surat al-ikhlas tiga kali mendapat ganjaran seperti membaca satu al-quran.

3. Barang siapa membaca surat al-ikhlas sebelas kali akan disediakan sebuah rumah yang indah di syurga.

4. Siapa yang membaca surat al-ikhlas sebelas kali setiap selesai sholat subuh maka dirinya akan dijaga dari perbuatan dosa selama sehari tersebut.

5. Orang yang membaca surat al-ikhlas 50 kali maka memperoleh ganjaran dengan diampuni dosanya selama 50 tahun.

6. Barang siapa membiasakan setiap hari membaca surat al-ikhlas 200 kali maka dicatat memperoleh seribu lima ratus kebaikan dan diampuni dosanya 50 tahun.

7. Barang siapa yang mampu membaca al-ikhlas seribu kali berarti ia telah menebus dirinya dari neraka.

Subhanallah,  betapa  besar pahala ataupun ganjaran yang diberikan Allah SWT kepada orang yang membiasakan membaca surat Al-Ikhlas secara istiqomah (berlanjut secara terus menerus).

Meskipun demikian, kita tidak pantas memikirkan hal tersebut, karena itu merupakan kehendak Allah SWT bagi siapa saja yang dikehendakiNya.


Lalu apa manfaat ataupun khasiatnya? Macam-macam yang disampaikan orang yang mengamalkannya. Diantaranya beberapa yang admin kutip dari forum kaskus di bawah ini:

“kalo versi ane sih pengamalan surat ini dawamkan 100 x setiap hr sehabis sholat maghrib tanpa batas waktu... insya alloh manfaatnya :- sebagai benteng/pagar diri- sebagai suplemen/vitamin lahir/bathin (sehat jiwa raga jauh dr penyakit apapun)- anti sihir/tenun/santet- mahabbah- jalbur rizky- pengobatan- membuka hijab- dll... dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebut 1 per 1...

Kemudian ada lagi :

Ane ada pengalaman ni gan...ane baca wwaktu itu sekali duduk 1000x sehari semalam 10000x trus selama seminggu 100000x....subhanallah....ane gak bisa banyak  omong deh gan...yang jelas syech Abdul Jabar sebagai salah satu khodam akan menemui kita

Surat al-Ikhlas untuk mengatasi kemiskinan:

Ada hadistnya kang... berikut ane kutip artinya :
"Barangsiapa membaca qul huwallahuahad (surah al-ikhlas) ketika memasuki rumahnya, maka Allah SWT. akan menyingkirkan kemiskinan dari anggota keluarga itu dan juga para tetangganya" (HR.Thabrani dari Jarir ra.)

Kalo ane biasa baca surat al-ikhlas sepulang sholat subuh dari masjid dan akan masuk ke dalem rumah...

Surat Al Ikhlas ayat 2 - 3 dan 4

Allah itu tempat memohon. selama lamanya tidak beranak dan selama lamanya tidak dianakkan. tidak sesuatu apapun yang menyerupai Nya selama lamanya

Lam artinya tidak dan abadi
Allah itu persifatan ash shamadu artinya dzat yang dibutuhkan oleh segala yang selain Allah.
dan yang nama nya ash shamadu itu dat yang di butuhkan oleh segala yang selain Allah dalam beberapa hajat artinya tentang apa yang dimaksud dalam hajat itu. dan berdoa lah mohon kepada dat yang persifatan shamad. Dan kamu ragu bahwa yang selain Allah itu membutuhkan Allah artinya membutuhkan Dia dalam permulaan wujudnya dan dalam abadinya wujudnya.
Firman Allah " Lam yalid wa lam yuulad " itu menetapkan wajib nya Kaya Raya nya Allah dari muasir dan dari asar.

Maka Allah tidak membutuhkan muasir dan tidak ada sebab musabab yang mempengaruhi wujudnya Allah. Allah tidak membutuhkan muasir itu merupakan penjelasan dari Firman Allah " wa lam yuulad " itu menetapkan wajibnya Kaya Raya nya Allah dari muasir dan dari asar. maka Allah tidak membutuhkan muasir dan tidak ada sebab musabab yang mempengaruhi wujudnya Allah.
wa lam yuulad artinya Allah itu selama lamanya tidak di anakkan dari sesuatu apapun artinya wujudnya Allah itu tidak ada sebabnya, oleh karena itulah maka Allah wajib Qidam Baqok.
demikian halnya Allah itu tidak membutuhkan asar atau tidak membutuhkan hawadis karena Allah yang mewujudkan hawadis, dan tidak ada yang memaksa bagi Allah dalam menciptakan hawadis. Maha suci Allah dari hal" yang memaksa dan maha suci dari ngaral. Allah dalam menciptakan hawadis itu tidak ada yang membantu Nya dan tidak ada lantaran bagi Nya artinya tidak ada perantara bagi Nya yaitu Qudrat Nya secara langsung kepada masing" muasir atau hawadis tidak dengan gerak dan tidak dengan ngilat.

Allah tidak membutuhkan asar merupakan penjelasan tentang Firman Allah " lam yalid wa lam yuulad " bahwa selama lamanya Allah itu tidak beranak dan tidak dianakkan yaitu wajib qidam baqo' qodim. Maka Allah menciptakan hawadis itu muhal apabila Dia tidak sengaja dan muhal bila Dia minta tolong kepada yang lain selain Dirinya sendiri, Allah itu qiyamuhu binafsihi dat Yang Maha Kuasa secara mutlak.

Surat Al-Ikhlas adalah sifat Allah. Berikut saya kutip dari kitab Tambihul Ghaafiliin :

Maimunah binti Sa'aad namanya. Ia adalah salah seorang pembantu Rasulullah SAW. Ia menceritakan bahwa Nabi SAW pernah menjumpai Salman Alfarisi ra sedang tekun berdo'a setelah selesai shalat. Rasulullah lalu bersabda kepada Salman Al-farisi ra :

"Wahai Salman, apakah engkau mempunyai keinginan terhadap Tuhanmu?" jawab Salman: "Ya benar !" Maka Nabi SAW bersabda: "Bila engkau membutuhkan Allah maka dahulukanlah untuk memuji kepada Tuhan, dan sebutkan sifat-Nya sebagaimana mensifatkan diri-Nya, bacalah tasbih, tahmid dan tahlil !" Lalu Salman bertanya: "Bagaimana cara memuji Tuhan itu, wahai Rasulullah?" Jawab Nabi SAW: "Bacalah suratul fatikha sebanyak tiga kali, itulah pujian bagi-Nya. Baca pula surat al-ikhlas sebanyak tiga kali, itulah sifat Allah. Dan bacalah: Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar, kemudian mintalah segala yang kau inginkan.


Demikian sedikit cerita tentang surat al-Ikhlas yang begitu istimewa dan memiliki fadhilah yang luar biasa. Mari kita biasakan membacanya dengan hati penuh keikhlasan, hingga Allah akan memberikan anugerahNya kepada kita. Amin 

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kehebatan dan Khasiat Surat Al-Ikhlas

0 komentar:

Posting Komentar