Doa-Amalan-Wirid

Selasa, 24 November 2015

Doa Berbuka Dan Niat Puasa Sunah Senin Kamis Dalam Islam

Advertisement

Doa dan Niat Puasa Senin Kamis – Dalam Islam, selain puasa wajib pada bulan Ramadhan, terdapat juga puasa sunnat. Ada beberapa macam puasa sunat, diantaranya puasa 6 hari Syawal, puasa sunat Dawud, puasa sunat hari-hari putih dan tentu saja puasa sunat Senin Kamis.

Kali ini saya akan berbagi bacaan atau lafadz niat puasa senin kamis, yang merupakan puasa sunat populer di kalangan kaum muslimin. Puasa Senin Kamis adalah  salah satu puasa sunnah yang dilakukan setiap hari senin dan hari kamis, karenanya banyak orang yang mengatakan puasa sunah ini adalah puasa senin kamis.

DOA NIAT PUASA SENIN KAMIS

DOA NIAT PUASA SENIN KAMIS


Doa atau bacaan niat puasa hari Senin Kamis sangat mudah. Bagi anda yang belum menghafalnya, tidak perlu khawatir karena disini kita akan belajar bersama menghafalkan bacaan niat puasa sunah senin dan kamis dalam bahasa arab, latin dan artinya secara lengkap.

Disamping  kita akan menghafalkan niatnya, disini saya juga akan sedikit memaparkan beberapakeutamaan dan manfaat berpuasa di hari senin dan kami. Adapun untuk bacaan doa niat puasa sunah senin kamis adalah sebagai berikut :

Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Latinnya:

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA

 Artinya :

Saya niat puasa hari Senin  sunnah karena Allah ta’ala.

Sedangkan untuk  bacaan niat puasa senin kamis pada hari  kamis, bacaannya adalah sebagai berikut:

Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Latinnya:

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

 Artinya :

Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Itulah bacaan lafadz niat puasa sunnah Senin dan Kamis dalam bahasa arab, latin dan artinya. Silakan teman-teman baca berulang-ulang kali untuk menghafalkannya.

MANFAAT DAN FADHILAH PUASA SENIN KAMIS

Semua ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dilaksanakan pasti memiliki hikmah tersembunyi  yang kadang kita tidak tahu. Seperti halnya Puasa sunah Senin Kamis memiliki manfaat dan fadhilah yang sangat banyak. Kenapa Nabi menganjurkannya? Ternyata, hari senin dan hari kamis merupakan hari yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Diantaranya yaitu, segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis di periksa oleh malaikat.


Rasulullah SAW bersabda  yang artinya :

“ Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Disamping itu ada keistimewaan lain yang dimiliki oleh puasa sunnah senin kamis.Keistimewaan ini diberikan oleh Allah SWT. Bagi setiap umat muslim yang mau mengerjakannya , Allah SWT akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam hadits Qudsi-Nya:

“ Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat”. (HR. Bukhari dan Abu Daud).

Dalam hadist diatas , maksud dari "Puasa" yaitu puasa secara umum, baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Tidak terkecuali puasa sunnah senin kamis ini.

Karena itu  kita umat Islam sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah di kedua hari tersebut, yaitu puasa sunnah hari senin dan hari kamis. Apakah teman-teman sudah melaksanakannya? Semoga dengan adanya sedikit ulasan tentang manfaat dan keutamaan puasa senin kamis ini dapat membuka hati para pembaca semua untuk menjalankannya.

Demikian tulisan tentang niat doa puasa Senin dan Kamis yang bisa  saya sampaikan, termasuk manfaat dari puasa Senin Kamis, semoga ada manfaatnya bagi pembaca sekalian.

Lalu bagaimana bacaan doa Berbuka puasa Senin Kamis? Sebenarnya tidak berbeda dengan bacaan doa berbuka puasa pada umumnya. Dan berikut adalah lafadz doa berbuka puasa senin kamis dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya

 اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Latinya:

Allaahumma laka shumtu wa 'alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah.

 Artinya :
“Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala”


Demikian bacaan doa berbuka puasa Senin Kamis dan juga niat puasa Senin Kamis. Silahkan diamalkan semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang diberi kekuatan untuk mengamalkannya. Amin

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Berbuka Dan Niat Puasa Sunah Senin Kamis Dalam Islam

1 komentar: