Doa-Amalan-Wirid

Sabtu, 10 Oktober 2015

Inilah Fadhilah dan Kelebihan Surat Al-Mulk (Tabaarak)

Advertisement

Fadhilah Surat al-Mulk Tabaraak -  Dalam al-Qur’an ada beberapa surat yang disebut sebagai surat Mufaddhal, artinya surat-surat yang mempunyai kelebihan dibanding dengan surat surat yang lain. Kita bisa sebut beberapa di antaranya adalah surat Yaasin, surat al-Waqi’ah, surat al-Ikhlas, surat al-Kahfi dan juga Surat al-Mulk atau Tabaarak.

Inilah Fadhilah dan Kelebihan Surat Al-Mulk (Tabaarak)


Apa kelebihan dan fadhilah Surat al-Mulk ? Surat al-Mulk adalah salah satu surat dalam al-Qur’an yang memiliki fadhilah tersendiri. Fadhilah atau Keistimewaan tersebut diketahui karena Baginda Rasulullah SAW menyebutkan tentang khasiat surat al-Mulk ini dalam salah satu sabdanya. Rasulullah mengatakan bahwa Surat al-Mulk itu menjaga dan memelihara pembacanya dari azab kubur.

Karena keutamaan dan fadhilahnya yang luar biasa ini, maka membaca surat al-Mulk dengan rutin istiqomah setiap hari pastilah sangat dianjurkan. Para ulama banyak menyampaikan agar membiasakan membaca surat ini pada habis sholat subuh dan habis sholat maghrib.

Ibnu Abbas berkata: “Pada suatu hari ada seseorang menghampar jubahnya di atas kuburan dan ia tidak tahu bahwa tempat itu adalah kuburan, ia membaca surat Al-Mulk, kemudian ia mendengar suara teriakan dari kuburan itu: Inilah yang menyelamatkan aku. Kemudian kejadian itu diceriterakan kepada Rasulullah saw. Lalu beliau bersabda: Surat Al-Mulk dapat menyelamatkan penghuni kubur dari azab kubur.” (Ad-Da’awat Ar-Rawandi, hlm 279/817; Al-Bihar 82/ 64, 92/313/2, 102/269/

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Surat Al-Mulk adalah penghalang dari siksa kubur, surat ini termaktub di dalam Taurat, barangsiapa yang membacanya di malam hari ia akan memperoleh banyak manfaat dan kebaikan, …Sungguh aku membacanya dalam shalat sunnah sesudah Isya’ dalam keadaan duduk. Ayahku (sa) membacanya pada siang dan malam. Barangsiapa yang membacanya, maka ketika malaikat Munkar dan Nakir akan masuk ke kuburnya dari arah kedua kakinya, kedua kakinya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini berpijak padaku lalu ia membaca surat Al-Mulk setiap siang dan malam; ketika mereka datang kepadanya dari rongganya, rongganya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini telah menjagaku dengan surat Al-Mulk; ketika mereka datang kepadanya dari arah lisannya, lisannya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini telah membaca surat Al-Mulk setiap siang dan malam denganku.” (Al-Kafi 2/233/hadis 2)

Imam Muhammad Al-Baqir (sa): “Bacalah surat Al-Mulk, karena surat ini menjadi penyelamat dari siksa kubur.”


Demikian kelebihan dan fadhilah surat al-Mulk dan begitu luar biasa, yang kalau kita amalkan tentu akan memberikan kelebihan juga bagi kita. Maka marilah kita  istiqomahkan membaca surat al-Mulk ini agar kita terhindar dari siksa kubur yang sangat pedih

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Fadhilah dan Kelebihan Surat Al-Mulk (Tabaarak)

0 komentar:

Posting Komentar